Salah satu penyakit yang kerap menyerang ayam aduan adalah Berak Kapur atau berk putih. Dalam dunia medis dikenal juga dengan Bacilary White Diarhrhea,. Ditandai dengan fases atau berak berwarna putih seperti kapur. Jenis penyakit ini biasanya menyerang segala jenis unggas seperti angsa, ayam dan hewan unggas lainnya. Tentunya kita harus segera mengobati jika tidak ingin hal terjadi kepada ayam aduan anda.

Berak kapur juga dapat di cantum penyakit yang sangat berbahaya sebab dapat mengakibatkan kelumpuhan dan bahkan kematian bagi ayam yang berusia muda. Selain itu penyakit ini juga bisa menular kepada ayam aduan lainnya. So kita sangat perlu penanganan lebih dini agar tidak menular pada ayam aduan lainnya.

Jika diteliti penyebab ayam aduan terserang penyakit berak kapur karena infeksi bakteri samonella pullorum dan bakteri gram negatif yang bisa bertahan hidup selama 1 tahun dalam tanah. Bahkan Penyakit ini terjadi karena dapat menular melalui 2 cara dibawah seperti.

  • Menular melalui kontak langsung peralatan, kandang, makanan, pakaian yang sudah terkontaminasi.
  • Kedua melalui Induk misalnya telur.

Ayam Aduan Berak Kapur, Ikuti Cara Untuk Mengobatinya

Tingkat kematian yang disebabkan oleh penyakit berak kapur ini sangat besar. Bahkan untuk kesempatan hidup begitu kecil khususnya pada anak – anak. Tentunya ini akan menjadi salah satu hal yang sangat menakutkan, apalagi jika sudah merawat dan membeli dengan harga yang sangat tinggi.

Mengobati Penyakit Ayam Aduan Berak Kapur

Jika ayam yang sudah terjangkit penyakit sebaiknya ayam dipisahkan agar tidak menular ayam kita lainnya. Setelah dipisahkan maka kita dapat memberikan pengobatan sesuai dengan kondisi penyakit yang diderita. Nah bagaimana cara untuk mengobati penyakit berak kapur pada ayam bangkok.

1. Menggunakan Bawang Putih.

Bawang putih ini juga bisa diberikan untuk ayam yang masih sehat dengan tujuan mencegah terkena penyakit berak kapur. Untuk cara pemberian yakni sediakan bawang putih secukupnya kemudian bersihkan semuanya. Kemudian iris secara tipis dan kemudian berikan pada ayam disaat pagi dan sore hari.

2. Suntik Antibiotik.

Untuk menyuntik antibiotik dapat anda lakukan dengan menggunakan coccilin, neo terramycin, tetra atau mycomas sesuai dengan dosis yang terdapat pada kemasan. Antibiotik yang di suntik pada bagian dada atau sayap ayam.

Baca Juga : Cara Mengatasi Penyakit Tetelo Pada Ayam Bangkok

Akan tetapi perlu dicatat jika kondisi ayam sudah terlalu parah alangkah baiknya musnahkan ayam dengan cara membakar. Tujuan pembakaran tersebut adalah agar bakteri penyebab penyakit ini tidak tersebar dan menular ayam lainnya. Setelah itu bersihkan kandang dan peralatan secara total dengan cara semprot antiseptik pada seluruh bagian kandang.

Itulah sedikit Cara Mengobati Penyakit Berak Kapur pada Ayam Aduan. Kiranya artikel yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalangan yang ada dimana saja. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

error: Content is protected !!