Penyakit tetelo pada ayam aduan seperti ayam bangkok merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Newcastle Disease Virus yang berbahaya,. Jenis penyakit ini lebih menempati posisi ke dua sehabis penyakit flu burung. Dimana jika udah terkena penyakit ini sangat sulit untuk disembuhkan,.

Hingga pas ini tidak ada satupun daerah di Indonesia yang terbebas berasal dari penyakit ini,. Bahkan penyakit ini udah banyak mendatangkan kerugian terutama bagi peternak ayam gara-gara 90% ayam yang menderita penyakit ini tidak selamat berasal dari kematian,.

Baca Juga : Trik Cara Menambah Berat Badan Ayam Aduan Yang Ideal

Hal seperti ini paham bakal membawa dampak kita cemas lebih-lebih jika bagi peternak ayam bangkok,. Karena penyakit ini sanggup menyerang pada ayam bangkok muda maupun yang udah dewasa,. Cara penularan penyakit ini yaitu melalui ludah, udara, fases, makanan dan minuman terutama pada musim pancaroba,.

Cara Mengatasi Penyakit Tetelo Pada Ayam Bangkok

Gejala Penyakit Tetelo

Ada tiga type penyakit tetelo yang mampu menyerang ayam yang paling disayangi kita, diantaranya yaitu:

Tipe pertama yaitu type ganas. Tipe ini merupakan type yang mampu membawa dampak ayam mati sebanyak 80 – 100%. Kedua yaitu type sedang, type ini tingkat kematiannya mencapai 10% terhadap ayam muda. Tipe ketiga yaitu type lemah, type ini tidak benar-benar beresiko dan tetap mampu diobati.

Berikut ini tanda-tanda – tanda-tanda yang nampak terhadap ayam aduan yang terkena tetelo:

A. Berak ayam bakal encer putih dan lebih dari satu kembali lembek dan berwarna kehijauan. Gejalanya yaitu murung, lemas, dan lesu.

Apabila penyakit tetelo mampu diatasi di dalam satu hari makan berak ayam bakal normal seperti biasa. Sebaliknya andaikan virus tetelo tambah kuat, maka gejalanya pun juga bakal meningkat seperti berak encer dominan berwarna putih.gejalanya yaitu lemah,
lesu, tak bergairah, dan tidak selera makan. Peningkatan tanda-tanda ini kebanyakan berlangsung di dalam lebih dari satu jam hingga 1-2 hari.

B. Dalam hitungan lebih dari satu hari jengger ayam bangkok bakal berwarna kebiruan, tembolok keras, napsu makan ayam alami penurunan drastis, ayam sering megap – megap, bersin – bersin, ngorok, dan andaikan gejalanya tambah kritis maka kaki dan tubuh ayam jadi bergetar panas dingin.

C. Gejala yang paling kritis yaitu dikala leher ayam aduan kejang. Gejala ini kebanyakan nampak terhadap paling akhir. Sehingga ayam tidak senang makan, diikuti pula bersama dengan kaki ayam yang tidak mampu bergerak.

Mengatasi Penyakit Tetelo Ayam Bangkok

Secara medis penyakit yang disebabkan virus newcastle disease virus (ND) ini belum dapat diobati gara-gara belum ada obat yang dapat membunuh virus ini,. Akan tetapi virus ini dapat dicegah manfaatkan anti septik, desintektan dan detergen,.

Pencegahan ini dapat dilaksanakan bersama langkah menyemprotkan manfaatkan anti septik, desintektan dan detergen disekitar kandang,. Selain itu pemakaian resep herbal amat direkomendasi untuk mengantisipasi supaya tidak terjangkit penyakit ini,.

Berikut ini adalah lebih dari satu tanaman untuk pencegahan penyakit tetelo ini,.

  • Campuran Ramuan Kunyit 1 cm, Kencur setengah cm, dan Bawang Putih tiap-tiap 3 x dalam seminggu
  • Ramuan Kunyit, Bawang Putih dan daun Pepaya yang diberikan secara rutin
  • Tanaman rimpang Kunyit Putih, daun Sirih Merah, Sambiloto, Temu Kunci
  • Sirih Merah, Sambiloto, dan Temu Kunci amat ampuh
  • Kunyit Putih, Sambiloto dan Sirih Merah

Untuk manfaatkan bahan alam ini, setidaknya 3 model tanaman yang berlainan dan termasuk menggabungkan lebih dari satu tanaman di atas yang dapat agan jadikan ramuan,. Sehingga agan dapat bermain dan memberi tambahan terhadap ayam bangkok.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi penyakit tetelo pada ayam bangkok yang bisa kita sampaikan kepada agan semuanya semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi kalangan yang ada dimana saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

error: Content is protected !!