Cara Mengobati Snot Ngorok Pada Ayam Aduan, Bagi agan yang seorang peternak sehari – hari mengurus ayam aduan begitu senang . Akan tetapi agan juga tidak jarang menjumpai beberapa kondisi ayam yang sering ngantuk. Kemudian dari bagian mata dan juga hidung ayam akan mengeluarkan sedikit cairan, cairan tersebut biasa sangat kental. Seperti orang terkena penyakit pilek, maka dengan kondisi tertentu sudah dipastikan bahwa ayam aduan agan sedang diserang penyakit snot.

Apabila ayam aduan agan terserang penyakit snot maka ada beberapa cara yang tepat untuk perlu dilakukan agar penyakit tidak cepat menular. Artikel kali ini admin akan membagikan dan mengatasi semua yang agan sedang alami sekarang ini.

Penyakit seperti ini tentunya dapat menyebabkan kerugian secara finansial maupun pada kesehatan ayam aduan. Biasanya akan menyerang ayam dari segala usia dimulai usia muda hingga yang sudah tua. Lebih parahnya penyakit ini dapat menyerang ternak yang sedang bertelur juga.

Penyakit snot adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Haemophillus Gallinarum. Bakteri ini sering menyerang anak ayam akibat terdapatnya pergantian musim yang tajam dan berubah-rubah yang dapat mempengaruhi kebugaran dan ketahanan pada anak ayam. Penyakit Snot ini seringkali ditemukan di peternakan-peternakan yang tersedia di area tropis. Tapi penyakit ini juga menyerang nyaris seluruh usia ayam, namun dapat terlalu rentan jika terkena pada anak ayam.

Hal ini didasarkan atas pengalaman yang didapatkan yakni anak ayam berumur kurang berasal dari 16 minggu membawa angka kematian yang lumayan tinggi jikalau terkena penyakit ini. Angka kematian yang ditimbulkan oleh penyakit ini mencapai 30% namun angka morbiditas atau angka kesakitannya mencapai hingga 80%. Snot berupa kronis.

Bahaya! Cara Mengobati Snot / Ngorok Pada Ayam Aduan

Cara Mengatasi Penyakit Snot Ayam Bangkok

Penyakit snot diketahui akan sangat sulit sekali dibasmi hingga tuntas tanpa penanganan yang sangat serius dari segala segi. Seperti pada mengobati serta pemeliharaan snot pada ayam aduan bangkok yang benar. Agar dapat mengatasi semua ini maka dapat menggunakan cara yang ada di bawah ini :

  • Gunakan penyekat pada setiap umur ayam aduan yang berbeda – beda.
  • Kurangi kadar amonia dan debu dalam kandang, dengan menjaga kondisi litter agar tetap kering.
  • Memastikan sirkulasi udara agar tetap lancar dan kesediaan oksigen mencukupi.
  • Sediakan vaksin, obat – obat serta vitamin yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Selalu bersihkan kandang atau peralatan ternak sehingga terhindar dari segala penyakit.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi penyakit snot ayam aduan. Akan tetapi bagaimana jika ayam yang sudah terserang penyakit ini. Bagi agan yang memiliki ayam aduan terserang penyakit seperti ini maka bisa mengobati dengan cara yang sudah kami sediakan dibawah ini.

Mengobati Penyakit Snot Ayam Aduan

Ayam bangkok yang sudah terkena penyakit snot harus lebih cepat pisahkan dari yag lainnya tujuannya agar tidak menular kepada yang lainnya. Sedangkan untuk pengobatan bisa diberikan perparat sulfat seperti sulfadimenthoxine atau sulfathiazole. Dengan pemberian kedua ini maka dapat mencegah sedikit tertularnya penyakit ngorok ini.

Untuk mengobati penyakit snot pada ayam aduan secara alami bisa dengan menggunakan obat alami seperti :

  1. Bawang Merah
    Bawang merah mempunyai kandungan yang berfaedah mengurangi tanda-tanda pilek terhadap anak ayam. Caranya ringan saja, cukup diparut saja, kemudian di poleskan terhadap ayamnya. Untuk anakan ayam cukup diberikan saja air kunyit dan air jeruk nipis.
  2. Jahe
    Jahe dicuci bersih, kemudian dimemarkan. Tambahkan 1 liter air, gula batu sebesar 5 cm. Rebus kurang lebih 15 menit. Setelah dingin, saring. Tambahkan gula batu dan 10 liter air. Gunakan ramuan itu untuk berikan minum ayam yang terkena snot.
  3. Bawang Putih
    Zat yang terkandung di dalam bawang putih berfungsi sebagai salah satu antioksidan dan antivirus. Kita cukup memberikan sekitar dari 3% dari keseluruhan pakan yang kita berikan. Caranya dengan memarut kemudian memberikan kepada ayam yang terserang penyakit snot.

Sekian yang bisa admin sampaikan kepada agan semuanya. Semoga dengan adanya ulasan yang kami sampaikan ini dapat untuk membantu dan menambah wawasan agan semua sebagai pecinta ayam petarung di Indonesia. Terima kasih dan sampai berjumpa kembali bersama kami pada artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

error: Content is protected !!